Minggu, 30 November 2008

RPP XII-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas/ semester : XII / 1
Pertemuan Ke - : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
Kompetensi Dasar : 1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis




I. Indikator
1.Menjelaskan pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
2.Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
3.Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
4.Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
5.Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan

II.Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat mengetahui pengertian grafis berbasis vektor dan grafis
berbasis bitmap
2.Siswa dapat mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis
berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
3.Siswa mengetahui pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat
lunak pembuat grafis
4.Siswa mengetahui fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
5.Siswa mampu menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan
menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan

III. Materi Ajar
1.Pengertian grafis grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
2.Aplikasi pembuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
3.Pengertian menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
4.Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
6.Menu dan ikon yang tersembunyi dan cara menyembunyikan ikon – ikon yang
tidak diperlukan dalam perangkat lunak pembuat grafis

IV. Metode Pembelajaran
1.Penugasan Individu
2.Uraian
3.Praktik

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1.Pembukaan (berdo’a)
2.Mempersiapkan bahan dan media pembelajaran
3.Absensi siswa



B.Kegiatan Inti
1.Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vektor dan grafis
berbasis bitmap
2.Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vektor dan grafis
berbasis bitmap
3.Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor
dan grafis berbasis bitmap.
4.Menjelaskan tentang pengertian ikon dan menu
5.Menjelaskan fungsi menu dan ikon
6.Menunjukkan menu dan ikon
7.Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

C.Kegiatan akhir
1.Pemberian tugas perorangan
2.Pemberian tugas Kelompok
3.Penutup

VI.Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1.Media cetak
2.Buku panduan yang relevan
3.E – Book
4.Internet

VII. Penilaian
1.Uraian (Individu dan kelompok)
2.Tugas (Individu dan kelompok)
3.Afektif
4.Praktik (Individu dan kelompok)



Banjaran, .........2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri
3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP

Tidak ada komentar: